Translate

Selasa, 06 Mei 2014

Sensor Melengkung Sony (Curved Sensor)


Apakah yang terbenak di pikiran anda dengan sensor yang dibuat melengkung?

Mungkin agak terdengar aneh, sensor yang dibuat melengkung ini bukan tanpa alasan namun juga memiliki fungsi. Lalu apa fungsinya ?

ilustrasi bentuk curved sensor

Sensor yang sedag dikembangkan oleh sony yang akan ditanamkan pada kamera pocket fullframe terbarunya sony RX 2. Penerus sony RX 1 ini tetap menggunakan sensor full frame dan lensa yang sama, lalu apa yang berbeda? selain nukaan lensa yang diperbesar menjadi F1.8, sony juga membenamkan sensor melengkung. seperti kata saya tadi pembuatan sensor melengkung ini bukan tanpa alasan, lalu apa fungsinya?
pendahulu sony RX 2



Menurut perbincangan di sony alpha rumor fungsi dari sensor tersebut adalah untuk mengurangi distorsi yang dihasilkan oleh lensa 35mm yang menyebabkan efek melengkung pada foto. Lensa 35mm adalah lensa yang menurut saya "tanggung" kenapa? karena lensa 35mm kurang wide bila dipakai untuk foto pemandangan dan kurang bagus pula untuk foto close up karena efek lengkunganya membuat wajah terlihat "peang" dan jelek. Tentu pembenaman lensa 35mm yang tidak dapat dicopot dan dipasang ini memebuat orang (yang mengerti) akan enggan untuk membeli kamera RX 1 ini apalagi kamaera ini ditujukan kepada fotografer profesional. Namun sony memperhatikan dan melihat kekurangan ini lalu memperbaikinya pada sony RX2 dengan membuat curved sensor (melengkung) dengan tujuan mengurangi distorsi pada lensa layaknya memakai lensa tilt n' shift, dan menurut pengamatan saya sensor yang diusung sony ingin meminimalisr lengungan dengan membuat lengkungan pula pada sensornya jadi foto yang dihasilkan lebih minim distorsi, ini seperti menarik pixel foto pada photoshop diman gedung yang terlihat miring dapat ditarik kekiri atau kekanan agar lurus sejajar.
prinsip curved sensor
curved sensor yang diusung sony

Shift-Function-Correction.jpg (823×278)
ilustrasi perbaikan distorsi yang ditimbulkan oleh curved sensor, layaknya memakai lensa tilt n' shift atau memakai cara menarik pixel pada foto dengan photoshop

selain itu fungsi dari sensor melengkung ini adalah mempertajam gambar terutama di pinngir foto, sensor melengkung ini katanya dapat mempertajam gambar di seluruh sisi bahkan pinggir foto, berbeda dengan sensor konvensional, sensor konvensional hany tajam pada bagian tengah karena pixel berkumpul ditengah sehingga lebih padat di tengah daripada dipinggir foto

ilustrasi hasil gambar dari sensor konvensional,, terdapat blur dipinggir foto 

ilustrasi hasil gambar sensor melengkung, tajam secara merata 
Tentunya menurut saya ini merupaka inovasi yang unik dimana sensor dibuat melengkung, dari era analog film hingga digital sensor selalu dibuat datar. Padahal sebelum RX 1 ada banyak kamera analog dengan lensa 35mm yang tidak dapat diganti-ganti  seperti fujica M1, olympus SP, canonet dan kamera pocket analog berlensa fix 35mm lain yang tidak terfikir untuk meminimalisir distorsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar